Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Berdaya dan Letoy,MU Dibantai Brington Dengan Skor 4-0


Manchester United benar-benar dibuat tak berdaya bermain di markas Brighton usai dibantai dengan skor telak.

Bertandang ke Brighton & Hove Albion, Manchester United alami pembantaian di Inggris Tenggara dengan skor 4-0 dan memperpanjang tren negatif di laga tandang.

Manchester United menghadapi tim asal Inggris Tenggara, Brighton & Hove Albion, dalam lanjutan Liga Inggris 2021-2022 pekan ke-36 di American Express Community Stadium, Sabtu (7/5/2022) pukul 23.30 WIB.

Hasilnya, Brighton membantai Manchester United 4-0.

Dikutip dari SofaScore, Manchester United sebenarnya memimpin penguasaan bola dengan 57 persen. Sementara Brighton menguasai 43 persen penguasaan bola.

Dari segi peluang, Manchester United sukses mencatatkan 15 peluang dengan 5 yang tepat sasaran. Adapun Brighton mampu membuat 17 peluang dengan enam yang tepat sasaran.

Jalannya Pertandingan

Menekan sejak awal laga, Brighton & Hove Albion membuka keunggulan pada menit ke-15 melalui gol cantik Moises Caicedo. 

Gol Caicedo tercipta lewat tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti yang berhasil melewati sela-sela kaki Victor Lindelof, sebelum bersarang di sebelah kiri gawang Man United.

Dinukil BolaSport.com dari Opta Joe, gol yang dibuat oleh Caicedo menjadikannya pemain ke-100 yang mencetak gol debut ke gawang Man United. Setelah kebobolan, Man United merespons dengan melakukan serangan ke gawang Brighton. Mereka berhasil mendapatkan peluang lewat tendangan kaki kiri Juan Mata dari luar kotak penalti pada menit ke-18, yang masih tipis di atas gawang Robert Sanchez.

Sementara tim tuan rumah, setelah berhasil mencetak gol, tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, di menit ke-34 Leandro Trossard melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti dan masih tipis di samping kanan gawang Man United.

Pada menit ke-38, Man United mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan setelah menerima hadiah perekik di luar kotak penalti. Cristiano Ronaldo yang maju sebagai eksekutor gagal memanfaatkan peluang tersebut setelah sepakan kaki kanannya masih melambung. Memasuki menit ke-42, Brighton mengancam lewat Danny Welbeck yang memanfaatkan kesalahan Raphael Varane.


Varane bermaksud mengontrol bola hasil tendangan Sanchez, tetapi bola gagal sampai dikuasai oleh Varane dan dengan cepat disambar oleh Welbeck. Tembakan lobnya masih tipis di atas gawang Man United. Skor 1-0 untuk keunggulan Brighton atas Manchester United bertahan sampai babak pertama usai.

Di babak kedua, Brighton menggandakan keunggulan lewat pemain buangan  Barcelona, Marc Cucurella, di menit ke-49. Menerima umpan Leandro Trossard di dalam kotak penalti, Cucurella menyambar bola dengan kaki kirinya di dalam kotak penalti Man United yang sukses mengarah ke arah kiri atas gawang. Memasuki menit ke-57, gawang Manchester United jebol lagi lewat gol cantik yang dibuat oleh Brighton.

Diawali dari umpan diagonal Sanchez dari depan areanya, bola sampai ke Cucurella yang berada di sisi kanan pertahanan Man United. Oleh Cucurella bola diumpankan ke Trossard yang kemudian dioper ke Pascal Gross yang berada di dalam kotak penalti. Gross lalu melakukan sedikit giringan ke arah kiri dan mengecoh Varane, sebelum menceploskan bola ke kanan bawah gawang Setan Merah. Tiga menit berselang, Brighton lagi-lagi menjebol gawang Manchester United. Kali ini giliran Trossard yang menjebol gawang Setan Merah pada menit ke-60 dan semuanya berkat eks pemain Man United, Danny Welbeck.

Welbeck yang berada di dalam kotak penalti, melakukan tendangan lob ke gawang Man United. Bola Welbeck sejatinya sudah disapu secara akrobatik oleh Diogo Dalot di garis gawang. Akan tetapi, bola sapuan Dalot justru mengenai dada Trossard dan berbuah gol.

Pada menit ke-69, Man United mendapatkan peluang pertama di babak kedua lewat tendangan kaki kanan Bruno Fernandes dari luar kotak penalti. Hanya saja, sepakan Fernandes masih bisa ditepis oleh kiper Brighton, Robert Sanchez.

Sampai pertandingan usai, keunggulan 4-0 Brighton atas Manchester United tetap bertahan. Berkat kemenangan itu, Brighton akhirnya menang di kandang sendiri, setelah dalam delapan laga terbaru mereka tak pernah menang. Adapun untuk Man United, kekalahan tersebut menjadi kekalahan kelima di laga tandang dalam lima laga terakhir.

Susunan pemain

Brighton & Hove Albion (3-4-2-1): 1-Robert Sanchez; 34-Joel Veltman, 5-Lewis Dunk (C), 3-Marc Cucurella; 20-Solly March (2-Tariq Lamptey 76'), 8-Yves Bissouma, 25-Moises Caicedo, 11-Leandro Trossard (9-Neal Maupay 83') ; 13-Pascal Gross, 10-Alexis Mac Allister (4-Adam Webster 67') ; 18-Danny Welbeck. 

Pelatih: Graham Potter

Manchester United (4-2-3-1): 1-David de Gea; 20-Diogo Dalot, 19-Raphael Varane, 2-Victor Lindelof, 27-Alex Telles; 31-Nemanja Matic (17-Fred 46'), 39-Scott McTominay; 36-Anthony Elanga (21-Edinson Cavani 46'), 8-Juan Mata (5-Harry Maguire 71'), 18-Bruno Fernandes (C); 7-Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Ralf Rangnick


Posting Komentar untuk "Tak Berdaya dan Letoy,MU Dibantai Brington Dengan Skor 4-0"