Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wow, Logo Halal Indonesia Tampak Berbeda


Yang masih hangat, banyak sekali berbagai argumen tentang liga bahkan pengelolaan secara resmi tentang produk halal, dan disini kami coba mengutip dari berbagai sumber tentang logo terbaru produk halal indonesia

Ya orang-orang di luar negeri sana bukan tidak ada yg jago menulis kaligrafi حلال agar terlihat lebih unik dan kreatif, atau bukan pula mereka tidak mempunyai suku dan budaya.

Tapi mereka paham bahwa logo bertuliskan حلال ini akan lebih informatif, mudah dikenali, mudah dibaca, lebih universal dan lebih mudah dipahami bagi konsumen muslim dimana pun mereka berada.

Karena sejatinya tujuan mencantumkan logo حلال bertuliskan arab pada produk memang untuk mengingatkan dan melindungi konsumen muslim terhadap produk yg tidak halal.

Dengan demikian menjadikan konsumen muslim dapat lebih selektif dalam memilih atau membeli produk yang sesuai dengan syariat Islam. Dan hal ini sebagaimana perintah dalam islam yg tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 168 :

“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.”  

Dan pencantuman label halal ini penting tidak hanya untuk konsumen, tetapi jg untuk para produsen. Karena melalui label halal ini produsen dapat membangun kepercayaan dan ketenangan konsumen terhadap produk-produk mereka. Sehingga dua-duanya diuntungkan, 

Lantas bagaimana jika logo bertuliskan حلال yg biasa secara umum tercantum dalam sebuah produk di luar negeri maupun dalam negeri, nmn kini logo tersebut di indonesia di rubah bentuk penulisannya ?


Sebagaimana hal ini yg terjadi pada logo halal baru Indonesia yg diterbitkan oleh Kemenag. Dari logo ini seakan ingin menunjukkan bahwa Islamnya Indonesia ini berbeda dengan Islam yg ada di seluruh dunia, yaitu Islam ala nusantara,

Dimana dari logo ini tidak terlihat jelas, bahwa itu merupakan sebuah tulisan حلال , bahkan cenderung seperti berbentuk gunung wayang, sehingga identik hanya untuk lokal pulau jawa saja bukan untuk internasional, sedangkan konsumen produk indonesia dari berbagai suku dan negara, bukan di pulau jawa saja.

Lantas bagaimana penilaian dan pendapat kalian mengenai logo ini ?

Kalau saya pribadi lebih suka pada logo lama MUI yang bertuliskan حلال , karena ini lebih universal dan mudah dipahami.

#berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Wow, Logo Halal Indonesia Tampak Berbeda "