Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerak Cepat, Upaya Memutus Covid-19 Desa Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar

Covid-19 sudah setahun lebih melanda Dunia dan dampaknya luar biasa sangat berpengaruh bagi kegiatan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Berbagai kebijakan pemerintah dikeluarkan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 dari yang dahulu menerapkan 3 M(Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga jarak) dan sekarang menggalakkan 5 M(Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas) diharapkan masyarakatpun berperan aktif dalam berbagai kebijakan pemerintah, baik pemerintah pusat, Kota ataupun daerah.

Tidak hentinya himbauan ataupun sosialisasi dari berbagai pihak dalam pendeteksian awal terhadap penyebaran covid 19, ya salah satunya Desa Kuto, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah mengeluarkan surat edaran dengan Nomor: 445/012/VI/2021 yang ditandatangani langsung oleh kepala desa Kuto yaitu bapak Tony Noor Prapto merujuk instruksi Bupati Karanganyar Nomor 17 tahun 2021 serta menindaklanjuti hasil rapat Camat beserta Struktural OPD Kecamtan Kerjo Pada hari Senin 14 Juni 2021, tentang evaluasi dan pengoptimalan pemberlakuan pembatasan Kegiatan. Masyarakat(PPKM)skala mikro. Dalam Surat edaran yang tertanggal 29 Juni 2021 tersebut ada 4 poin yang isinya:
  1. Mulai per tanggal 1 Juli 2021 untuk semua hajatanwajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat sesuai rekomendasi ketua gugus covid-19 Desa dan Kecamatan.(secara benyumili, tidak menyediakan tempat duduk bagi tamu undangan dan hidangan bagi tamu wajib dibawa pulang/tidak diperbolehkan makan di tempat).
  2. Seluruh masyarakat desa Kuto dimohon menjaga kesehatan/imunitas serta selalu mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan/5 M( Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan Sabun, menjaga Jarak, Mengurangi Mobilitas dan Menghindari Kerumunan).
  3. Kegiatan kemasyarakatan/segala bentuk perkumpulan di seluruh wilayah Desa Kuto kami mohon untuk sementara ditiadakan sampai batas waktu yang belum ditentukan.
  4. Mengoptimalkan tugas Satgas Jogo Tonggo(ketua RT dan RW) bagi wilayahnya yang terdapat warga terkonfirmasi positif covid-19 yang sedang isolasi mandiri di rumah.
Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kuto sebagai upaya Pencegahan persebaran covid 19 yang dalam beberapa bulan terakhir di wilayah Kuto sangat masiv dikarenakan memang letak Desa Kuto adalah Pusat perekonomian Kecamatan Kerjo dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Sragen.


Sebagai tempat yang sering dikunjungi orang banyak baik dari dalam kota maupun luar kota, Desa Kuto memang harus melakukan counter tehadap gejala yang sangat sulit tentunya untuk dihindari, paling tidak dengan Surat edaran tersebut masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar baik hubungan kemasyarakatan maupun emosional antar masyarakat dan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan adalah langkah terbaik saat ini jika memang harus melakukan rutinitas keseharian di manapun.



Posting Komentar untuk "Gerak Cepat, Upaya Memutus Covid-19 Desa Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar"