Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Berdirinya Dinasty Ayyubiyah


Deticku.com - Bani Ayyubiyah merupakan keturunan Ayyub suku Kurdi. Pendiri dinasti ini adalah Salahuddin Yusuf al-Ayyubi putra dari Najamuddin bin Ayyub. Pada masa Nuruddin Zanki (Gubernur Suriah dari bani Abbasiyah), Salahuddin diangkat sebagai kepala garnisum di Balbek.

Kehidupan Salahuddin Yusuf al-Ayyubi penuh dengan perjuangan dan peperangan. Semua itu dilakukan dalam rangka menunaikan tugas negara untuk memadamkan sebuah pemberontakan dan juga dalam menghadapi tentara salib.

Perang yang dilakukannya dalam rangka untuk mempertahankan dan membela agama. Selain itu Salahuddin Yusuf al-Ayyubi juga seorang yang memiliki toleransi yang tinggi terhadap umat agama lain, hal ini terbukti:

a. Ketika beliau menguasai Iskandariyah ia     tetap mengunjungi orang-orang kristen

b. Ketika perdamaian tercapai dengan tentara salib, ia mengijinkan orang-orang kristen berziarah ke Baitul Makdis.

Keberhasilan beliau sebagai tentara mulai terlihat ketika ia mendampingi pamannya Asaduddin Syirkuh yang mendapat tugas dari Nuruddin Zanki untuk membantu Bani Fatimiyah di Mesir yang perdana menterinya diserang oleh Dirgam. Salahuddin Yusuf al-Ayyubi berhasil mengalahkan Dirgam, sehingga beliau dan pamannya mendapat hadiah dari Perdana Menteri berupa sepertiga pajak tanah Mesir. Akhirnya Perdana Menteri Syawar berhasil menduduki kembali jabatannya pada tahun 1164 M.

Tiga tahun kemudian, Salahuddin Yusuf al-Ayyubi kembali menyertai pamannya ke Mesir. Hal ini dilakukan karena Perdana Menteri Syawar bersekutu/ bekerjasama dengan Amauri yaitu seorang panglima perang tentara salib yang dulu pernah membantu Dirgam. Maka terjadilah peperangan yang sangat sengit antara pasukan Salahuddin dan pasukan Syawar yang dibantu oleh Amauri. Dalam. Dalam peperangan tersebut pasukan Salahuddin berhasil menduduki Iskandariyah, tetapi ia dikepunt dari darat dan laut oleh tentara salib yang dipimpin oleh Amauri. Akhirnya peperangan ini berakhir dengan perjanjian damai pada bulah Agustus 1167 M, yang isinya adalah sebagai berikut:

a. Pertukaran tawanan perang

b. Salahuddin Yusuf al-Ayyubi harus kembali ke Suriah

c. Amauri harus kembali ke Yerusalem

d. Kota Iskandariyah diserahkan kembali kepada Syawar.

Pada tahun 1169, tentara salib yang dipimpin oleh Amauri melanggar perjanjian damai yang disepakati dahulu yaitu Dia menyerang Mesir dan bermaksud untuk menguasainya. Hal itu tentu saja sangat membahayakan keadaan umat islam di Mesir, karena:

a.  Mereka banyak membunuh rakyat di Mesir

b.  Mereka berusaha menurunkan Khalifah al-Adid dari jabatannya

Khalifah al-Addid mengangkat Asaduddin Syirkuh sebagai Perdana Menteri Mesir pada tahun 1169 M. ini merupakan pertama kalinya keluarga al-Ayyubi menjadi Perdana Menteri, tetapi sayang beliau menjadi Perdana Menteri hanya dua bulan karena meninggal dunia. Khalifal al-Adid akhirnya mengangkat Salahuddin Yusuf al-Ayyubi menjadi Perdana Menteri menggantikan pamannya Asaduddin Syirkuh dalam usia 32 tahun. Sebagai Perdana Menteri beliau mendapati gelah al-Malik an-Nasir artinya penguasa yang bijaksana.

Setelah Khalifah al-Adid (Khalifah Dinasti Fatimah) yang terakhir wafat pada tahun 1171 M, Salahuddin Yusuf al-Ayyubi berkuasa penyh untuk menjalankan peran keagamaan dan politik. Maka sejak saat itulah Dinasti Ayyubiyah mulai berkuasa hingga sekitar 75 tahun lamanya.

Penguasa-penguasa Dinasti Al-Ayyubiah

Selama lebih kurang 75 tahun dinasti Al-Ayyubiyah berkuasa, terdapat 9 orang penguasa yakni sebagai berikut:

1. Salahuddin Yusuf Al-Ayyubi (1171-1193 M)

2. Malik Al-Aziz Imaduddin (1193-1198 M)

3. Malik Al-Mansur Nasiruddin (1198-1200 M)

4. Malik Al-Adil Saifuddin, pemerintahan I (1200-1218 M)

5. Malik Al-Kamil Muhammad (1218-1238 M)

6. Malik Al-Adil Sifuddin, pemerintahan II (1238-1240 M)

7. Malik As-Saleh Najmuddin (1240-1249 M)

8. Malik Al-Mu’azzam Turansyah (1249-1250 M)

9. Malik Al-Asyraf Muzaffaruddin (1250-1252 M)

Dalam uraian berikut akan dibahas mengenai penguasa-penguasa yang menonjol, yaitu:

1. SalahuddinYusuf Al-Ayyubi (1171-1193 M)

2. Malik Al-Adil Saifuddin, pemerintahan I (1200-1218 M)

3. Malik Al-Kamil Muhammad (1218-1238 M)

Posting Komentar untuk "Sejarah Berdirinya Dinasty Ayyubiyah"