Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Islam Adalah Agama Para Pemberani

 

Oleh: Irkham Fahmi al-Anjatani

Islam adalah Agama khusus untuk orang-orang yang berani. Saya kira tidak berlebihan apabila saya mengemukakan kalimat itu. Pasalnya, andai kata Nabi Muhammad SAW. dan para sahabatnya dahulu tidak mempunyai sikap berani maka mereka tidak akan mendakwahkan Islam di tengah-tengah masyarakat Mekkah yang keras luar biasa.


Orang-orang yang takut lapar, mereka tidak akan mau memilih jalan Islam, karena pada saat memilih Islam mereka pasti akan dihalang-halangi mata pencahariannya. Bilal bin Robah adalah sejarah paling fenomenal terkait hal itu. Ia disiksa oleh Majikannya karena Ia memilih Islam sebagai jalan hidupnya.

Ditambah lagi kisah pemboikotan orang-orang kafir Mekkah terhadap Rasulullah dan para sahabatnya yang berlangsung selama tiga tahun. Mereka dibunuh secara perlahan-lahan di sebuah bukit yang cukup jauh dari Mekkah. Mereka dibiarkan dalam keadaan kelaparan dan kehausan. Hingga harus memakan rumput-rumputan yang tumbuh di sekitar mereka.

Termasuk juga ketika Nabi dan para sahabatnya hijrah di Madinah. Orang-orang munafik memprovokasi penduduk Madinah agar tidak membantu keperluan hidup para pengikut Rasulullah.

"Mereka berkata (kepada penduduk Madinah), 'janganlah kaliah menginfakkan harta kepada orang-orang yang ada di sisi Rasulullah sehingga mereka bubar (meninggalkannya)," (QS. Al-Munafiqun: 7).

Orang-orang yang takut mati, mereka tidak akan mau memilih jalan Islam. Sebab dengan memilih jalan Islam ia diharuskan untuk beramar ma'ruf nahiy munkar. Dan itu resikonya teramat sangat besar. Mereka akan berhadapan dengan manusia-manusia tengil dan gerombolan aparat yang menjadi beking tempat-tempat kemaksiatan.

Orang-orang yang takut lapar dan takut mati, mereka tidak akan mau memilih jalan Islam. Karena dengan memilih jalan Islam ia diharuskan untuk menyampaikan kebenaran, baik kepada rakyat biasa maupun kepada para pemilik kekuasaan. Dan ini juga resikonya sangat besar. Ia akan berhadapan dengan preman-preman jalanan, politikus-politikus busuk dan cukong-cukong berduit.

Orang-orang yang takut lapar dan takut mati biasanya ia akan lemah ketika harus berhadapan dengan mereka. Itu sebabnya kita harus bertanya-tanya apabila ada orang Islam akan tetapi ia tidak dibenci oleh para preman dan juga orang-orang partai yang menjadi sarang koruptor. 

Terlebih lagi ia justru berkoalisi dengan mereka. Kemungkinan besar ia tidak pernah bersungguh-sungguh untuk mendakwahi mereka sehingga komplotan preman dan politikus-politikus busuk itu merasa nyaman berkawan dengannya, karena merasa tidak pernah diusik perbuatan-perbuatan bejatnya.

Islam adalah Agama yang Allah khususkan untuk para pemberani. Berani melakukan yang wajib dan berani meninggalkan yang haram. Berani menyampaikan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Itulah sebabnya ujian yang pertamakali Allah berikan kepada orang-orang yang mengaku beriman adalah ujian keberanian dari rasa ketakutan.


"Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Maka sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar," (QS. Al-Baqarah: 155).


Posting Komentar untuk "Islam Adalah Agama Para Pemberani"