Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas 6 Semester Ganjil , Sistem Administrasi Wilayah Indonesia


Deticku.com. Materi ini untuk kelas 6, khususnya kelas 6 Mi Al amin Sinongko, Gedong, Karanganyar yang mana dimasa pandemi ini(covid-19) materi ini sebagai pendamping kegiatan daring siswa di rumah pada matapelajran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sistem Administrasi Wilayah indonesia

1. Profil Indonesia

Indonesia mempunyai Nama resmi, nama resmi itu adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Nama Indonesia berasal dari bahasa Latin Indus yang berarti India dan bahasa Yunani, nesos yang berarti pulau. George Earl adalah etnolog berkebangsaan Inggris. Pada tahun 1850 ia mengusulkan nama Indunesian untuk penduduk “kepulauan India”. Mahasiswanya yang bernama J.R.Logan, menggunakan nama Indonesia sebagai sinonim Kepulauan India. Adolf Bastian dari Universitas Berlin mempopulerkan nama Indonesia dalam sebuah bukunya


Pada tahun 1890-an. Sarjana Indonesia yang secara terang-terangan menggunakan nama Indonesia pertama kali adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau menggunakannama Indonesia ketika mendirikan biro penerbitan di Belanda tahun 1913.

Indonesia terletak di ekuator sehingga beriklim tropis. Wilayahnya diapit oleh dua benua yaitu yaitu Benua Asia dan Australia. dan dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Dengan ketinggian 5.030 m, Puncak Jaya di Papua merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Danau Toba di Sumatera merupakan danau terluas, 1.145 km2. Sungai-sungai terbesar ada di Kalimantan yaitu Kapuas, Mahakam dan Barito. Lokasi Indonesia di pertemuan antara lempeng tektonik Pasifik, Eurasia, dan IndoAustralia. Letak ini menyebabkan letusan gunung berapi dan gempa bumi sering terjadi. Keuntungannya, debu dari gunung berapi menyebabkan tanah kita subur. Keuntungan lainnya adalah banyaknya hasil tambang dari material yang dikeluarkan dari dalam bumi.

Keanekaragaman hayati Indonesia.

Keanekaragaman hayati ini nomor dua dunia setelah Brazil. Hutan hujan tropis kita merupakan salah satu paru-paru dunia. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar. Diantaranya adalah minyak, gasalam, timah, tembaga dan emas. Indonesia adalah pengekspor gas alam terbesar kedua di dunia.

Hasil pertanian yang utama termasuk kelapa sawit, beras, teh, kopi, rempahrempah dan karet. Masalah yang dihadapi Indonesia saat ini adalah angka kemiskinan dan pengangguranyang tinggi. Jumlah penduduk yang besar dan industrialisasi menyebabkan kerusakan lingkungan. Penggundulan hutan, kebakaran hutan, dan banjir adalah dampaknya. Masalah lainnya diantaranya banyaknya bencana alam, sampah, kemacetan lalu lintas, dan korupsi.

2. Menghitung Luas Wilayah Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan. Jumlah pulau yang kita miliki paling banyak dibandingkan negara lain di dunia. Totalnya ada 17.508 pulau. Luas daratan kita ternyata lebih kecil dibandingkan dengan luas wilayah lautnya. Perbandingan luas daratan dengan lautan kita yaitu 2:3.

3. Wilayah Laut

a. Zona Laut Teritorial

Zona laut teritorial adalah jalur laut yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar ke laut lepas. wilayah laut kita seluas 3.257.357 km². Batas teritorial Indonesia telah diumumkan sejak Deklarasi Djoeanda pada tanggal 13 Desember 1957.

b. Zona Landas Kontinen

Landas kontinen memiliki kedalaman kurang dari 150 meter. Landas kontinen diukur dari garis dasar, yaitu paling jauh 200 mil laut. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1973 tentang Landas Kontinen Indonesia.

c. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka diukur dari garis dasar. Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) diumumkan pada tanggal 21 Maret 1980.

4. Wilayah Darat

Luas daratan Indonesia 1.919.440 km². Daratan negara kita terluas ke 16 dunia. Luas keseluruhan Indonesia adalah 5.176.797 km².

Pada masa awal kemerdekaan tahun 1945, wilayah Indonesia hanya terdiri atas delapan

propinsi yaitu: Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan

Jakarta ditetapkan sebagai ibu kota negara. Tapi Belanda masih berusaha untuk menguasai wilayah Indonesia, Karena Jakarta tidak aman. Antara 1946 sampai dengan 1949 ibu kota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta.

Pada tahun 1949 akhirnya banyak muncul negara-negara bagian bentukan Belanda. Seperti; Madura, Riau Republik Indonesia, Dayak Besar, Kalimantan Tenggara, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Negara Indonesia Timur, Bangka, Pasundan, Belitung, dan Banjar.

Untuk menghindari peperangan, dilakukan upaya diplomasi dengan Belanda. Sebagai penengahnya adalah komisi PBB untuk Indonesia, yang disingkat UNCI. Kepanjangannya adalah United Nations Comission for Indonesia. Akhirnya berhasil diselenggarakan Konferensi Meja Bundar.Hasilnya, disepakati berdirinya Republik Indonesia Serikat (RIS).

RIS terdiri dari tujuh negara bagian dan sembilan daerah otonom. Namun pada 17 Agustus 1950 RIS dibubarkan, Indonesia pun kembali menjadi negara kesatuan Republik Indonesia.

Pada awal tahun 1963, NKRI terdiri dari 25 propinsi. Pada tahun 1963, PBB secara resmi menyerahkan Papua kepada NKRI. Pada tahun 1963, diadakan penentuan pendapat rakyat. Hasilnya, mayoritas rakyat Papua memilih bergabung dalam NKRI. Pada tahun 1976, Timor Timur lepas dari belenggu penjajahan Portugis. Wilayah ini kemudian bergabung ke dalam NKRI. Pada tahun 2002 wilayah Timor Timur resmi menjadi negara sendiri yaitu negara Timor-Leste. Pada tahun 2000 lahir tiga propinsi. Propinsi baru di Pulau Jawa yaitu Propinsi Banten. Propinsi Bangka Belitung. Pada bulan Desember 2000 Gorontalo.

No

Nama Provinsi

Ibu Kota

No

Nama Provinsi

Ibu Kota

1

Nanggroe Aceh Darussalam

Banda Aceh

18

Nusa Tenggara Barat 

Mataram

2

Sumatera Utara   

Medan

19

Nusa Tenggara Timur 

Kupang

3

Riau    

Pekanbaru

20

Kalimantan Barat  

Pontianak

4

Sumatera Barat

Padang

21

Kalimantan Timur  

Samarinda

5

Kepulauan Riau  

Tanjungpinang

22

Kalimantan Tengah 

Palangkaraya

6

Jambi 

Jambi 

23

Kalimantan Tengah 

Banjarmasin

7

Sumatera Selatan  

Palembang

24

Kalimantan Utara    

Tanjung Selor

8

Bengkulu 

Bengkulu 

25

Sulawesi Barat

Mamuju

9

Bangka Belitung

Pangkalpinang

26

Sulawesi Tengah  

Palu

10

Lampung 

Bandar Lampung

27

Gorontalo

Gorontalo

11

Banten

Serang

28

Sulawesi Utara  

Manado

12

DKI Jakarta   

Jakarta

29

Sulawesi Selatan  

Makasar

13

Jawa Barat   

Bandung

30

Sulawesi Tenggara

Kendari

14

Jawa Tengah

Semarang

31

Maluku Utara   

Sofifi

15

DIY Yogyakarta

yogyakarta

32

Maluku

Ambon

16

Jawa Timur

Surabaya

33

Papua Barat

Manokwari

17

Bali

Denpasar

34

Papua

Jayapura

 Demikian materi tentang sistem administrasiwilayah indonesia.


Jawablah pertanyaan di Bawah ini dengan sabar!

1. Ada berapa zona laut di negara Indonesia! Sebutkan!

2. Berapa luas wilayah laut dan darat negara Indonesia!

3. Rangkumlah Jumlah provinsi di indonesia yang awal mula 25 provinsi sampai menjadi 34 provinsi!

4. Apakah yang dimaksud dengan

  • ZEE
  • ZLK
  • ZLT

5. Rangkumlah sejarah singkat Penggunaan Nama Negara Indonesia!

Posting Komentar untuk "Kelas 6 Semester Ganjil , Sistem Administrasi Wilayah Indonesia"