Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jl. Domas, Jalan Satu Arah Pertama Di Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar

Karanganyar, Deticku.com, Jalan satu arah pertama di kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar, jalan yang terletak di dukuh Domas Rt 01/02 desa Kwadungan Kecamatan Kerjo ini merupakan jalan tembus ataupun trabasan dari jalan  utama yang melingkar (menuju ke kantor kecamatan kerjo ataupun menuju ke arah Terminal batujamus).
Meskipun sudah dipasang rambu-rambu masih saja banyak pengguna jalan yang tidak mengindahkannya ataupun cuek dengan dipasanginya rambu satu arah.

Mungkin sudah reflek ataupun kebiasaan karena memang setiap hari melewati jalan tersebut sehingga tidak melihat ada rambu-rambu satu arah.

Kesadaran masyarakat /pengguna jalan untuk mentaati rambu-rambu diuji dalam hal ini, dan tentu tidak begitu saja rambu-rambu itu dipasang, pasti sudah ada musyawarah dari warga Domas Rt 01/02 dengan memperhatikan berbagai hal. 

"Sering terjadi kecelakaan di pertigaan tersebut salah satunya tidak menyalakan riting atau asal belok, pdhl dari arah belakang ada kendaraan kencang yang akan mengambil jalan lurus(jalan melingkar)" ungkap pak Kastoro Ketua Rt 01/02 Domas.

Sebagai bentuk antisipasi dan upaya masyarakat dalam mengurangi angka kecelakaan masyarakat Domas Rt 01/02 yang terdiri dari kurang lebih 40 kepala keluarga sepakat dengan keputusan jalan tersebut dijadikan satu arah atau dipasangi rambu-rambu.

"Untuk sementara jalan dijadikan satu arah berlaku 24 jam atau tidak ada batasan waktu seperti di kota-kota, dan kalau malam akses jalan juga dibatasi jam 22.00 jalan sudah kami tutup portal. Tukas pak Kastoro lagi.

Edukasi masyarakat, Saling menghargai dan menjaga setiap keputusan dukuh merupakan bentuk kedewasaan dalam berfikir ataupun bermasyarakat.

Apakah akan diberlakukan tilang/hukuman oleh masyarakat domas bagi pelanggar?

"Untuk sementara sanksi belum ada atau belum diputuskan, kita melihat perkembangannya dahulu bisa jadi ada sanksi dari masyarakat entah bentuknya seperti apa tentunya melalui musyawarah demi kebaikan bersama". Pak Kastoro menambahkan.
"Saya kalau lewat situ (ke barat)terus melihat ada pengendara dari arah barat sengaja saya ambil kanan biar orangnya marah, ketika marah dan berhenti baru saya berkata INI SATU ARAH JURAGAN". Terang Adaninggar anak buah kang Bahar dengan menggebu. aft/grh


Posting Komentar untuk "Jl. Domas, Jalan Satu Arah Pertama Di Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar"