Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ustd. Ipmawan Muh. Iqbal, Dosa Dan Kemaksiatan Mengakibatkan Berbagai Musibah Dan Bencana

Dosa Dan Kemaksiatan Mengakibatkan Berbagai Musibah Dan Bencana, Alhamdulillah setelah hampir 3 bulan online akibat pandemi Covid 19, keluarga besar kami akhirnya bisa bertemu kembali offline dengan protokol kesehatan sepekan sekali berkegiatan 3T(tasmi', tilawah dan tafsir) di rumah ayah mertua. KH Muhammad Amir, SH.


Pada usia 83 tahun, beliau masih semangat memberi nasehat utk anak keturunannya. Setiap tausiah, beliau sering mengajak bersama-samaa membaca lafadz dari doa sayyidul istighfar yg dituntunkan Nabi,

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، 

أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ 

Ya Allah Engkau adlh Tuhanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau yg telah menciptakanku, aku adlh hambaMU dan aku diatas ikatan janjiMU dan Aku berjanji kepadaMU semampuku,  Aku berlindung padaMU dari segala kejahatan yg telah aku perbuat” 

Aku mengakuiMU atas nikmatMU terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padaMU, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yg bisa mengampuni segala dosa kecuali Engkau” (HR. Bukhari)

Dosa itu sesuatu yg penting utk kita mohonkan ampunan kepadaNYA. Kemuliaan "pendosa" adalah banyak beristighfar. Istilah dosa diambil dakor binatang.  Sedangkan melakukan perbuatan dosa, kedurhakaan atau kemaksiatan disebut ‘ishyan (العصيان). Makna aslinya ari bahasa Sanskerta merupakan kata utk menjelaskan tindakan yg melanggar norma atau aturan yg telah ditetapkan Tuhan atau Wahyu Illahi. 

Banyak istilah dalam Al Quran utk menyebut dosa atau kemaksiatan, diantaranya dzanbun (ذنب) dan 'ishyan (عصيان). 

Secara bahasa, dzanbun(ذنب) makna aslinya ekor. Dosa disebut demikian karena ia merupakan akibat sesuatu perbuatan, yakni datang di belakang sesuatu. Atau dianggap kotor akibat akhirnya, seperti umumnya ekor binatang.

Sedangkan melakukan perbuatan dosa, kedurhakaan atau kemaksiatan disebut ‘ishyan (العصيان). Makna aslinya adlh berpisah, seperti anak yg tak mau lagi ikut induknya karena dia sudah tidak lagi menyusu/disapih. Orang bermaksiat diserupakan dg ini krn ia tdk mau mengikuti petunjuk Allah, memisahkan diri, dan berbuat semaunya sendiri.

Dogma agama mengajarkan perbuatan dosa dan kemaksiatan akan menghadirkan berbagai musibah dan bencana alam sehingga kehidupan kita menjadi sengsara dan penuh penderitaan.

Negeri Saba' di abad ke7/ke 8 SM adalah contoh yang abadi. Masyarakat yg makmur, aman, penuh kedamaian. Namun mereka berpaling, ingkar dan berbuat dosa kolektif. Tuhan hadirkan banjir bandang sehingga bendungan Ma’rib atau ‘Arim, berukuran panjang 620 m, lebar 60 m dan tinggi 16 milik mereka jebol, tanah longsor, tanaman rusak, kekeringan dan hidup mereka menjadi menderita.(QS Saba': 15-16)

Bagaimana dengan negeri kita, pemerintah dan rakyatnya. Bila keadilan, kejujuran, kebenaran dan agama diabaikan dan menjadi dosa kolektif. Hukum Tuhan yg berjalan.

Semoga Sayyidul Istighfar akan menyelamatkan kita dari keterpurukan, kemiskinan, kehinaan dan penderitaan kita bersama. Aamiin.

Allahu a'lamu bishowab. 

17 Juni 2020/25 Syawal 1441

Posting Komentar untuk "Ustd. Ipmawan Muh. Iqbal, Dosa Dan Kemaksiatan Mengakibatkan Berbagai Musibah Dan Bencana"