Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ustadz Ipmawan Muh. Iqbal, Rasisme Dalam Pandangan Islam

Surakarta, Rasisme Dalam Pandangan Islam, Amerika Serikat saat ini menghadapi krisis rangkaian aksi protes disertai penjarahan dan kekerasan di penjuru negeri. Kematian George Floyd atas tindakan rasisme aparat polisi kulit putih sebagai penyulut. Peristiwa yg mengingatkan bahwa rasisme masih terjadi di negara adidaya yg menjadi kiblat "Demokrasi" dan diagungkan masyarakat berpaham "Liberal" .


 Pada sejarah Amerika Serikat, gerkan perlawan ketidakadilan rasisme dipelopori oleh warga non kulit  putih di Amerika. Diantara aktivis pejuang hak2 sipil tersebut adlh muslim kulit hitam. Dari Malcolm X (elHajj Malik elShabazz) hingga Muhammad Ali.

Menurut _Oxford English Dictionary,_ definisi rasisme merujuk pada pemahaman yg menganggap bahwa ras atau suku tertentu lebih superior atas ras/ suku yg lainnya. Dengan kata lain, semua tindakan atau pemikiran yang sifatnya melecehkan ras, etnis, atau suku lain bisa digolongkan sebagai tindakan rasis. Diantara contoh2 panggilan rasis adlh "Negro bodoh, Cina culas, Bule sombong, Jawa malas, Sunda boros, Arab bakhil" dan sebagainya.

Rasisme haram hukumnya di muka bumi. Tidak sesuai dgn fitrah manusia manapun. Meremehkan, merendahkan dan menghina orang lain hanya karena berbeda suku, berbeda warna kulit, berbeda bangsa atau negara.

Semua orang pada asalnya sama kedudukannya dan memiliki hak-hak dasar kemanusiaan yg sama, tidak boleh dibedakan, ada yg jadi istimewa dan ada yg dihinakan hanya karena alasan perbedaan suku, ras, bangsa semata.

Kita menolak semua perbedaan yg dibuat oleh manusia. Tidak ada yg bisa mengklaim superioritas apapun atas yg lain berdasarkan ras, warna kulit, bahasa atau kekayaan dan ini ditekankan dalam khotbah terakhir Nabi Muhammad SAW yg sangat menjunjung tinggi kemanusiaan terlepas dari warna atau ras.

َ يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَلَا إِنَّ رَبَّكُمْ وَاحِدٌ وَإِنَّ أَبَاكُمْ وَاحِدٌ أَلَا لَا فَضْلَ لِعَرَبِيٍّ عَلَى أَعْجَمِيٍّ وَلَا لِعَجَمِيٍّ عَلَى عَرَبِيٍّوَلَا لِأَحْمَرَ عَلَى أَسْوَدَ وَلَا أَسْوَدَ عَلَى أَحْمَرَ إِلَّا بِالتَّقْوَى

Wahai para manusia, ingatlah sesungguhnya Tuhan kalian itu satu, dan bapak kalian itu satu. Ingatlah, tidak ada keutamaan bagi orang Arab atas orang asing/ non Arab, dan tidak bagi orang non Arab atas orang Arab, tidak bagi orang kulit merah atas kulit hitam, dan tidak bagi orang kulit hitam atas kulit merah kecuali dengan taqwa/ketaatan kpd Allah. (HR Ahmad, komentar Syu’aib AlArnauth sanadnya shahih). Allahu a'lamu bishowab.

7 Juni 2020/ 15 Syawal 1441

*Progam Pendidikan AlQur'an Usia Dini (PPAUD) dan Kuttab Minal Mukhlashin*
*Qur'anic Home Education*
*Ma'had Tahfidz Insan Qur'ani*

Posting Komentar untuk "Ustadz Ipmawan Muh. Iqbal, Rasisme Dalam Pandangan Islam"