Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Media Tanam Hidroponik Dibanding Menaman Secara Konvensional

Kelebihan media tanam Hidroponik dibanding menaman secara konvensional, Perubahan zaman yang disertai dengan pesatnya perkembangan ilmu dan tehnologi seakan menjadi satu paket kebutuhan yang merujuk pada kemajuan sebuah negara.


Dalam dunia pertanian perkembangan tehnologi makin terasa dengan hadirnya Hidroponik, hidroponik adalah budidaya suatu tanaman dengan memanfaatkan media air sebagai media tanam utamanya(soiless)

Hidroponik menjadi solusi yang sangat efektik bagi seseorang yg tidak mempunyai lahan luas(hanya lahan sempit), karena media ini tanpa menggunakan tanah, lebih higienis dan tentunya hasilnya sangat memuaskan.


Kelebihan Hidroponik.

Kita coba mengulik beberapa kelebihan menanam dengan hidroponik diantaranya:


1. Cukup Mudah dan Praktis

Menanam dengan cara hidroponik sanagat mudah dan prajtis karena petani tidaj perlu cacing atau apapun untuk menggemburkan tanah dan yang pastu tangan tidak kotor oleh tanah, 

 

2. Hemat Tempat/Lahan

 Menanam dengan cara Hidroponik tidak perlu membutuhkan lahan yang luas seperti petani konvensional pada umumnya, bahkan hidroponik bisa ditempatkan dimanapun(samping rumah, belakang/depan rumah bahkan di atap rumah), karena hidroponik dapat tumbuh pada instalasi pipa (pipa/lainnya yg di beri lobang)

 3. Bebas Hama

 Salahsatu kelebihan Hidroponik yaitu tanaman buah/sayur tdk mudah terserang hama dan penyakit. Tentunya tanaman lebih bersih dan sehat dikarenakan tidak menggunakan pestisida.

 4. Hasil panen Melimpah

 Media tanam hidroponik dapat dilakukan dengan cara bersusun ataupun bertingkat/ hemat tempat. Dan pada perkembangan jaman yang semakin pesat Hidroponik akan menggeser pertanian dengan cara konvensional dengan lahan yang sempit(hasil maksimal)


 5. Mudah Memantau

 Media tanam yang terletak di sekitar rumah memudahkan kita untuk memantau perkembangannya setiap menit bahkan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga (ke sawah, jauh dari rumah)

 6. Tangan Bersih

 Hidroponik memang media tanam menggunakan air dan bukan tanah, maka dari itu jangan khawatir sudah bisa dipastikan jika kalian praktek hidroponik tangan pasti selalu bersih karena bersentuhan terus dengan air. 

7. Tidak tergantung pada cuaca

Hidroponik sangat bersahabat sekali dengan berbagai tantangan musim karena sudah dipastikan media ini berkecukipan air

8. Lebih irit dan efektif dalam pengvunaan pupuk

Karena hanya menggunakan nutrisi hidroponik tidak panik dengan kelangkaan pupuk dipasaran

Aft/GrH

 

 

 

Posting Komentar untuk "Kelebihan Media Tanam Hidroponik Dibanding Menaman Secara Konvensional"