Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidroponik, Kenali Kekurangannya Sebelum Memulai

Menanam dengan hidroponik semakin gemari oleh masyarakat selain hemat tempat dan banyak lagi kelebihannya, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman dengan media Hidroponik.
Bagi yang mau terjun di dunia hidroponik sebaiknya mempelajari dahulu kekurangan hidroponik agar dalam prakteknya tidak kaget dan menyusun rencananya tepat sesuai yang diinginkan.
Walaupun Hidroponik memberikan kelebihan dan kemudahan tetapi tidak terlepas dari kekurangan juga.

Media Hidroponik yang di gadang-gadang menjadi solusi menenggulani keterbatasan lahan, akan tetapi media hidroponik pun mempunyai kekurangan

Kali ini kita mencoba membahas beberapa kendala ataupun kekurangan dari Hidroponik

1. Modal Yang Cukup Besar

Modal awal saat menanam hidroponik tentunya tidak sedikit, terutama bagi yang langsung dengan skala besar karena kebutuhan membeli Pipa, selang, pompa aquarium, dan set bor untuk pembuatan instalas.

2. Perlengkapan Sukar Didapat

Tidak semua toko pertanian menyediakan bahan ataupun alat untuk menanam hidroponik, dan biasanya akan ada toko khusus yang akan menjual perlengkapan dan bahan hidroponik.

3. Ketelitian Ekstra
 Dibutuhkan ketelatenan dan ketelitian, keyakinan dan optimis, petani harus terus mengontrol nutrisi dan keasaman PH pada tanaman secara reratur/berkala disertai perhitungan matang pemberian nutrisi.

4. Ketrampilan Khusus
Disamping ketelitian khusus, menanam hidroponik tidak begitu saja asal tanam, dibutuhkan ketrampilan khususz dan tangan ahli baik berupa ketrampilan menanam, pembibitan, penyemaian perawatan sampai memanen, jadi bukan sembarang orang.

5. Peninjauan berkala
Petani hidroponik dipastikan mengelilingi tanamannya setiap saat memantau tanaman yang mungkin kurang sehat, dan tentunya takaran nutrisi sangat diperhatikan betul jangan sampai kelebihan ataupun sampai kekurangan.

Posting Komentar untuk "Hidroponik, Kenali Kekurangannya Sebelum Memulai"