Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Joko Musliyanto Mengerjakan Skripsi Mudah dan Tepat waktu



Karanganyar, deticku.com, Puncak bagi mahasiswa dalam berkuliah adalah mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Skripsi yang merupakan sebuah penelitian sederhana, hingga saat ini masih menjadi syarat bagi mahasiswa yang akan lulus. Setelah menempuh berbagai mata kuliah, dalam skripsi inilah mahasiswa dituntut menerapkan apa yang telah mereka pelajari selama di perguruan tinggi.

Bagi beberapa mahasiswa skripsi merupakan salah satu ujian terberat, dianggap momok/ sesuatu hal yang menakutkan bahkan ada yang sampai  stres/ DO karena tidak kuat terhadap banyaknya rintangan dalam proses penyelesaiannya.

Joko Musliyanto salah satu Mahasiswa IIM( Istitut Islam Mab’ul Ulum Surakarta) saat ditemui deticku.com yang mengutip perkataan dari dosen pembimbing skripsi dari departemen Manajemen Rekayasa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Kuntum Khoiro Ummatin, S.T., M.T. mengatakan  “agar proses mengerjaan skripsi  dapat berjalan dengan lancar ,  tepat waktu, dan menyenangkan mahasiswa harus mempunyai  tips-tips diantaranya:
  1. Kenali passion diri sedari awal
kenali passion-mu sendari awal sebelum memilih judul yang diajukan, Pilihlah bidang yang kamu senangi dan kuasai dan tentunya nyaman tidak bertolak belakang dengan Style mu. Sehingga ketika pengerjaan skripsi, kamu bisa menikmati prosesnya. Memilih topik yang kamu kuasai juga membuat penelitianmu lebih terarah dan tidak terhenti di tengah jalan ketika terjadi suatu kendala. Atau bahasa kerennya “  tetep bakoh ora ambyar “tukasnya lagi dengan nada keras
  1. Komunikasi dengan dosen pembimbing
Dosen pembimbing adalah partner belahan hati di saat mengerjakan skripsi dan membangun komunikasi yang intens dan romantic merupakan sebuah keharusan agar kamu nyaman ketika melakukan bimbingan. Komunikasikan masalah dan progres skripsimu dengan dosen pembimbing. Ketika terjadi masalah, diskusikan dengan dosen pembimbing sehingga kamu bisa memperoleh solusi yang tepat dan juga wawasan baru.
  1. Atur pengambilan data
Saat kamu menyusun skripsi, buat palaning dan usahakan pengambilan data dipersiapkan dari jauh-jauh hari untuk mengantisipasi ejadian tidak terduga. Kendala izin perusahaan, jadwal dengan narasumber yang bertabrakan atau data rusak bisa lebih cepat teratasi jika kamu sudah mengatur jadwal dari jauh-jauh hari.

  1. Temukan motivasi di sekitarmu
Yang tidak ketinggalan adalah  motivasi, ketika kamu mulai lelah dan putus asa dalam mengerjakan skripsi, carilah sesuatu yang bisa membuatmu kembali semangat lingkungan yang nyaman akan memberikan energy baru atau dengan kata lain motivasi.

Adapun motivasi didapatkan melalui semangat dari sahabat, orang  tua atau lingkungan, bisa juga dengan bermain ke gunung, berenang, dan memancing akan mengembalikan energi dan motivasi dalam dirimu, karena menyegarkan otak/pikiran yang penat terbukti ampuh dapat membuatmu kembali semangat menggarap skripsi guys”.

Itulah sekilas tips yang disampaikan Joko Musliyanto disela-sela kegiatannya mengerjakan skripsinya yang belum selesai..  12/05/2020

Posting Komentar untuk "Tips Joko Musliyanto Mengerjakan Skripsi Mudah dan Tepat waktu"