Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Jambu Merah Bagi Imunitas Tubuh Kita

8 Manfaat Jambu Merah Bagi Imunitas Tubuh





  1. Menjaga Tubuh dari Serangan Radikal Bebas

    manfaat jambu Biji merah bagi tubuh akan mendapatkan asupan vitamin C yang bisa menjadi antioksidan dalam tubuh. Tak hanya di buahnya saja, daun jambu biji juga memiliki banyak kandungan vitamin C. Bahkan, jambu biji digadang-gadang mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk.
    Antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Banyak ahli kesehatan yang percaya jika radikal bebas adalah pemicu utama munculnya sel kanker dalam tubuh.

    Dengan tercukupinya antioksidan, tubuh akan mampu mencegah radikal bebas menimbulkan dan memicu perkembangan penyakit kanker. Jadi, agar sel kanker tidak muncul, dapatkan antioksidan dengan menjadikan jambu biji sebagai buah yang rutin dikonsumsi.
  2. Memperlancar Kinerja Sistem Pencernaan

    Sebagai buah dengan kadar serat yang tinggi, tidak mengagetkan jika buah ini juga memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, jambu biji dapat mengatasi sembelit dan beragam masalah pencernaan lainnya.

    Tak hanya itu, kandungan seratnya juga menjamin bahwa bakteri baik dalam usus tetap bekerja. Dengan begitu, organ pencernaan akan senantiasa terjaga kesehatannya dan dapat bekerja dengan lebih lancar. 
  3. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

    Kandungan vitamin C pada jambu biji ternyata tidak hanya berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Namun, kemampuan tubuh dalam menangkal bakteri dan virus untuk berkembang dan menyebabkan penyakit juga akan lebih tinggi saat mendapatkan asupan vitamin C yang cukup.

    Saat dikonsumsi oleh tubuh, vitamin C akan membuat sistem imun menjadi lebih bekerja. Dengan semakin kuatnya imunitas tubuh, risiko terjangkit penyakit akibat infeksi menjadi lebih kecil dan kemampuan untuk sembuh dari penyakit menjadi lebih baik. Jadi, bagi Anda yang merasa memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang, coba mulai banyak-banyak mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jambu biji ini. 

    Tidak hanya itu, kesehatan tulang, gusi, gigi, serta pembuluh darah juga akan terjaga dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin C. Proses penyembuhan luka, fungsi kerja otak, serta kemampuan tubuh dalam mengurai zat besi menjadi lebih baik. Untuk itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C setiap hari ya!
  4. 4. Menekan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah Jambu biji banyak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasien yang menderita tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian, terungkap bahwa jambu biji memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut berkaitan langsung dengan tekanan darah yang turut menurun juga.

    Manfaat jambu biji dalam menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tersebut didapatkan dari kandungan serat serta vitamin C di dalamnya. Dengan begitu, mengonsumsi buah tersebut dapat menjadi solusi mudah untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. 
  5. Membuat Mata Lebih Sehat

     

    jambu ini sangat baik manfaatnya terutama Bagi yang merasa kesehatan matanya menurun, disarankan untuk mengonsumsi buah yang memiliki warna yang cerah, seperti mangga, pepaya, semangka, dan juga jambu biji merah. Pasalnya, buah-buahan tersebut terbukti memiliki kandungan vitamin A yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga mata agar tetap sehat. 

    Pada jambu biji merah, buah tersebut menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan vitamin A. Tidak hanya untuk mata, vitamin A juga penting agar tumbuh kembang sel dalam tubuh tetap terjaga. Sistem imunitas tetap terjaga dan membuat kulit tampak sehat nan cerah juga merupakan manfaat dari mengonsumsi vitamin A. 

    Dengan kombinasi vitamin A dan C, tubuh akan menjadi jauh lebih sehat. Jadi, masih punya alasan untuk tidak mengonsumsi buah yang dapat dijadikan jus tersebut?

     
  6. Mengatasi Gejala Diabetes

    diantara Manfaat selanjutnya adalah mengatasi gejala penyakit diabetes. Tak dapat dipungkiri jika diabetes adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan tak sedikit masyarakat masa kini yang menderita penyakit tersebut. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi diabetes adalah dengan mengonsumsi jambu biji.
    Dalam sebuah penelitian, jambu biji dapat mencegah penyakit diabetes untuk menyerang ginjal. Di lain pihak, sebuah studi juga mengemukakan jika jambu biji mampu menekan gejala diabetes secara signifikan. Serta, mengurangi kerusakan karena proses oksidasi dan peradangan yang biasa dialami oleh penderita diabetes. 
    Meskipun telah dibuktikan oleh penelitian dan studi, manfaat jambu biji dalam mengatasi penyakit diabetes masih memerlukan uji coba lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jambu biji agar tetap bisa mendapatkan manfaat mujarab lainnya bagi kesehatan.  
  7. Mencegah Terjangkit Demam Berdarah

    Tidak hanya daging buahnya, daun jambu biji dipercaya dapat menghambat perkembangan virus demam berdarah saat diolah dan diambil ekstraknya. Dengan cara direbus, daun jambu biji dapat menekan risiko terjadinya perdarahan akibat virus dengue tersebut. Penderita DBD juga dapat mengonsumsi ekstrak daun jambu biji tersebut agar merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak trombosit. 
  8. Mengandung Senyawa yang Mampu Menangkal Virus Corona  

    Perkembangan terbaru Di tengah ancaman virus Corona atau COVID-19 yang terjadi di seluruh penjuru dunia, banyak peneliti yang mulai berusaha untuk mendapatkan obat penangkalnya. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang tertular virus mematikan tersebut, penemuan vaksin Corona semakin gencar dilakukan. 
    Dari riset yang dilakukan oleh IPB dan UI, diketahui bahwa jambu biji memiliki senyawa yang potensial untuk menjadi obat penangkal virus Corona. Pernyataan tersebut dituturkan oleh Ari Fahrial Syam selaku Dekan FK Universitas Indonesia, pada Jumat 13 Maret 2020 lalu. 
    Melalui hasil penelitian pada ratusan protein serta ribuan senyawa herbal, ditemukan beberapa kelompok senyawa yang memiliki potensi untuk mencegah penularan virus Corona. Kelompok atau golongan senyawa tersebut meliputi rhamnetin, hesperidin, myricetin, kuersetin, dan juga kaempferol.
    Kelima senyawa itu ternyata dapat ditemukan pada jambu biji berdaging buah merah muda. Penemuan pada riset tersebut juga didukung oleh beberapa kajian ilmiah terdahulu mengenai kandungan yang dimiliki oleh jambu biji yang memiliki daging buah berwarna merah muda. 
    Akan tetapi, untuk bisa membuktikan khasiat dari senyawa yang terkandung dalam jambu biji, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Pasalnya, penemuan tersebut masih bersifat komputasi dan belum di tingkat seluler karena belum pernah melakukan pengujian langsung pada manusia yang terjangkit virus Corona. 
    Karena virus Corona lebih rentan menyerang manusia yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, rutin mengonsumsi jambu biji tentu dapat memberikan dampak yang signifikan. Oleh karena itu, jangan panik dan tetap berusaha menjalankan gaya hidup sehat serta meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi jambu biji. 







Posting Komentar untuk "8 Manfaat Jambu Merah Bagi Imunitas Tubuh Kita"