Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karak Kriyuk Makanan Khas Orang Jawa

Deticku.com, Masyarakat Jawa Mempuyai kerupuk khas yang bernama karak. Makanan ini dibuat dari nasi trus di beri obat gendar(orang jawa menyebutnya), dan hingga kini kerupuk karak  selalu rami diari atau tak pernah sepi peminat.


Orang Indonesia tak lengkap makan nasi tanpa kerupuk atau karak. Tekstur kerupuk/kakak yang renyah dengan rasa gurih membuat makanan jadi terasa lebih nikmat. Akan  tetapi karak lebih kelihatan alami daripada kerupuk, tekstur karak yang apa adnya dan Slengekan membuat karang menjadi idola bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Bentuk karangpun sekarang sudah bervariasi, ada yang kotak, persegipanjang, bulat dan segitiga, bahkan sekarang sudah dikemas syantik dan merambah kjadi oleh-oleh khas daerah. karak atau kerupuk nasi atau kerupuk gendar, bahan utama pembuatan karak memang nasi yang sudah dikukus bersama bumbu seperti bawang putih dan garam.

Setelah dikukus, nasi ditumbuk hingga halus. Karak lalu dibentuk atau dicetak hingga tipis. Proses penjemuran diperlukan untuk membuat karak kering. Terakhir, karak digoreng hingga garing dengan api kecil-sedang.
Tidak sulit menemukancamilan yang satu ini, mau di warteg sampai restoran kalian akan menemukannya dan Karak mudah ditemui di hampir setiap rumah makan di Solo. Selain jadi pelengkap makan, karak juga enak dijadikan camilan. Biasanya cukup ditambahkan sambal terasi di atasnya atau pakai sambel korek, caos bahkan pakai cabe saja tetap enak.


Wadah karak juga sudah bervaiasi, dari yang memakai  plastik, lodong , suaranya yang kriuk-kriuk menjadikan karak camilan yang ramai, baik suara maupun renyahnya, masalah harga jangan khawatir makanan ini paling mura kok, kalau tidak percaya coba deh beli 5000 pasti sudah dapat buanyak sekali.

Makanan ini memang khas daerah jawa khususnya, jangan sampai lewkan menikmati karak jika kalian berwisata ke jawa(solo ataupun tawangmangu) dipusat oleh-oleh banyak .

Murah dan ketagihan adalah filosofi yang terbayang  ketika mendengar kata karak, kriuk, kriuk, krius seakan tidak mau berhenti memakan karak ini, dan setiapmeja makan orang jawa pasti ada dan wajib ada, kurang sempurna rasanya jika makantidak adakriuk –kriuk  karak.

Posting Komentar untuk "Karak Kriyuk Makanan Khas Orang Jawa "