Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Hari Ini Hari Proklamasi

Hari ini, puluhan tahun yang lalu, Kemerdekaan RI Diproklamasikan


Jumat barokah, 1 Mei 2020
Kata para sejarawan dan saksi sejarah, Kemerdekaan RI diproklamasikan pada hari Jumat, 09 Ramadhan 1364 H, yang bertepatan dengan 17 Agustus 1945.
Hari Jumat pada bulan Ramadhan 1364 H waktu itu dipilih demi mengharap keberkahan dari Allah. Naskah Proklamasi RI dipersiapkan pada waktu sahur. Pemilihan hari pembacaan Proklamasi Kemerdekaan RI -Jumat bulan Ramadhan- sesuai dengan nasehat ulama besar KH Hasyim Asy'ari pada masa itu.

Ingat, proklamasi dan kemerdekaan bangsa ini bukan hanya karena Soekarno, tapi dibalik itu ada banyak pejuang yang memilih tidak dikenal di bumi, namun terkenal di langit!

Konon kata orang, negeri ini subur makmur karena tanah-tanahnya disiram oleh banyak darah syuhada dari kalangan kiai dan santri. Takbir Allahu Akbar menggema sepanjang sejarah perjuangan bangsa kala itu. Para pejuang kita tak takut mati. Karena bagi mereka, penjajah itu kecil. Mereka memiliki Allah yang Maha Akbar.

Hari ini, Jumat, 9 Ramadhan, puluhan tahun yang lalu, para pejuang kita dengan gagah berani memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia dan menyebarkan berita kemerdekaan itu, diantaranya disiarkan melalui masjid-masjid.

Doa yang baik-baik kita panjatkan untuk negara dan bangsa tercinta pada bulan penuh berkah ini! Aamiin.


#sejarahindonesia
#indonesiahistory
#proklamasikemerdekaan

Posting Komentar untuk "Ternyata Hari Ini Hari Proklamasi"