Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cita rasa Khas Gethuk Semar Kabupaten Karanganyar

        Instagram Vicky d Saputro

Buat kamu pencinta kuliner terutama olahan singkong tentu sudah akrab dengan yang namanya gethuk. Ada yang inget lagunya “ gethuk asal e soko telo yen ra petuk atine dadi gelo” kira- kira seperti itu kutipanya, akan tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah  tentang makanannya bukan lagunya. Nah, di Kabupaten Karanganyar  ada gethuk yang sangat enak namanya gethuk semar, adapun rumah produksinya beralamat di Klatak, Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah.

Untuk menikmati jajanan ini jangan khawatir gethuk semar sudah membuka outlet diberbagai kabupaten kota dan anda tidak perlu repot datang ke rumah produksi atau bisa pesan lewat online, dan jangan kaget karena warnanya masih original karena tidak menggunakan bahan pewarna ataupun toping untuk memberi kesan putih bersih khas dari singkong.

Untuk urusan rasa jangan ditanya lagi, tekstur lembutnya yang bikin olahan ini berbeda seakan pengen nambah lagi, lagi dan lagi, bagi yang sudah pernah memakan makanan tradisional ini tentunya sudah tidak meragukan kualitasnya , gethuk semar number one lah pokoknya.

Saking popular karena enaknya, gethuk semar sering dijadikan buah tangan oleh mayarakat baik local maupun luar daerah, karena dari bahannya pun berkualitas yaitu dari singkong jalak towo yang terkenal emppuk dan empur kemudian dikukus lalu ditumbuk bersama gula merah sampai akhirnya diiris dan siap untuk proses pecking dikirim ke outlet-outlat resminya.

Bagi orangtua atau lanjut usia yang kangen dengan rasa gethuk original tentunya Gethuk semar adalah pilihan terbaik selain enak dan lumer di mulut gethuk semar juga gurih dan empuk dan dijamin akan nambah lagi.
Gethuk ini tanpa bahan pengawet, tanpa pewangi dan baunyapun masih bau singkong perpaduan dengan parutan kelapa, untuk pengingat Gethuk semar pada suhu ruang hanya bisa bertahan sekitar 8-12 jam saja akan tetapi jika dimasukkan di dalam kulkas akan bisa bertahan lebih lama.

Makanan ini sangat aman dikonsumsi berbagai usia dan kalangan, dan gethuk semar seakan memangkas kesenjangan ekonomi( orang kaya dan orang miskin pun makan gethuk semar) mungkin filosofi itu yang dibangun oleh pemilik gethuk semar.  

Jika kalian pergi ke Karanganyar tidak komplit rasanya jika gethuk semar tidak menemani perjalanan anda, karena memang sangat layak untuk teman hunting ataupun oleh-oleh untuk sahabat, keluarga ataupun teman kerja.

Posting Komentar untuk "Cita rasa Khas Gethuk Semar Kabupaten Karanganyar"