Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

InI Manfaat Bersepeda Secara Rutin Bagi Wanita


Deticku.com, 7 Manfaat Bersepeda Secara Rutin Bagi Wanita, Manfaat bersepeda bagi kesehatan memang sudah tidak perlu lagi diragukan. Meskipun terbilang sebagai olahraga yang sederhana, bersepeda dapat dirasakan manfaatnya tidak hanya oleh banyak orang. Khususnya untuk kaum wanita, olahraga bersepeda ternyata bisa memberikan banyak manfaat dan dampak positif.
Instagram mamagowes
Tak hanya bagi kesehatan tubuh, bersepeda juga bisa memberikan manfaat signifikan untuk kesehatan mental seseorang. Apalagi, olahraga ini dapat melatih tubuhmu untuk tetap aktif bergerak. Yuk, cari tahu beragam manfaat positif bersepeda bagi wanita di artikel ini.
Berbagai Manfaat Bersepeda Bagi Wanita


1. Mengurangi Nyeri Saat Haid
Olahraga bersepeda dikenal sebagai olahraga yang mampu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan tubuh, termasuk saat Kamu mengalami nyeri haid. Bahkan, olahraga ini dipercaya sebagai olahraga yang baik dilakukan saat menstruasi. Dengan bersepeda, sirkulasi darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar dan oksigen dapat tersalurkan ke semua otot tubuh. Hasilnya, risiko mengalami masalah nyeri haid pun dapat berkurang.

2. Membentuk Otot Kaki
Rutin bersepeda membantu membentuk otot kaki terutama di area glutes, paha belakang, paha depan, dan betis. Bila ototmu terbentuk dengan baik, maka Kamu akan lebih mudah membakar kalori bahkan saat kamu duduk. Tentu saja, otot kaki tidak akan terlihat seperti atlet olahraga, tapi kakimu akan terlihat lebih kencang dan ramping. Memiliki kaki yang jenjang dan indah tentu menjadi impian setiap wanita, bukan?

3. Membakar Kalori
Bagi wanita, memiliki berat badan ideal jelas merupakan hal yang sangat diidam-idamkan. Tak jarang, banyak wanita rela melakukan berbagai jenis diet dan olahraga untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Dalam hal ini, bersepeda bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat untuk dilakukan. Kamu bisa membakar 400 sampai 1000 kalori hanya dengan bersepeda selama 1 jam, tergantung dari intensitas dan beban kayuhan yang dipasang. Makin lama durasi bersepeda dan makin berat kayuhannya, otomatis Kamu akan membakar lebih banyak kalori. Bila memungkinkan, Kamu juga bisa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.
4. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker
Menurut penelitian dari University of Glasgow, rutin bersepeda dapat mencegah terbentuknya sel kanker payudara. Berdasarkan penelitian tersebut, mereka yang rutin bersepeda selama minimal 5 tahun jarang terpapar risiko terkena kanker atau serangan jantung. Padahal, seperti yang kita semua tahu, kanker payudara masih menjadi salah satu momok yang kerap menghantui wanita hingga saat ini.

5. Menjaga Kekuatan Sendi
Menurut Everyday Health, wanita lebih rentan terkena artritis tiga kali lipat lebih besar daripada pria. Hal ini disebabkan oleh empat faktor, yaitu genetika, obesitas, biologis, dan hormon. Biasanya, gangguan sendi akan mudah menyerang penderita obesitas. Namun, jika Kamu rutin bersepeda, obesitas dan masalah sendi akan mudah dihindari.

6. Tidur Lebih Nyenyak
Insomnia bisa menyerang siapa saja di usia berapa pun, khususnya orang dewasa. Tapi, masalah insomnia bisa Kamu atasi dengan rajin bersepeda. Salah satu manfaat olahraga ini, khususnya bagi wanita pengidap insomnia, yaitu mampu membuat kamu tidur lebih nyenyak. Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh yang segar dan fit setelah bersepeda akan membuat tubuh lebih rileks saat beristirahat.

7. Menjaga Kesehatan Mental
Kondisi hormon yang mudah berubah mengakibatkan kaum wanita mudah terkena stres, depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya. Namun, bila Kamu rajin berolahraga, kesehatan mental dapat lebih terjaga karena darah yang beredar menuju otak lebih lancar daripada orang yang malas berolahraga. Salah satu olahraga yang pas untuk menjaga kesehatan mental adalah bersepeda. Sebab, olahraga ini menggabungkan aktivitas fisik dan eksplorasi luar ruangan yang bisa membantu pikiranmu menjadi lebih rileks.

Tubuh Kamu akan menjadi aktif bergerak dan akhirnya memproduksi keringat yang lebih banyak saat bersepeda. Bila keringat bercampur bakteri, bukan tidak mungkin masalah bau badan akan menghampiri. Namun, jangan biarkan ketakutan akan masalah bau badan justru menghalangimu untuk mendapatkan berbagai manfaat bersepeda tersebut. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Kamu selalu menggunakan deodoran antiperspirant sebelum bersepeda.

Referensi: dari berbagai sumber



Posting Komentar untuk "InI Manfaat Bersepeda Secara Rutin Bagi Wanita"