Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100 Lebih Masjid Di Kecamatan Kerjo Melaksanakan Sholat Ied 1441 H

Karanganyar, deticku.com ,100 lebih Masjid di Kecamatan Kerjo akan melaksanakan sholat idul fitri 1441 H, data yang terhimpun sementara sampai hari ini , masjid yang akan melaksanakan sholat Idul fitri sekitar 101 masjid yang tersebar di 10 desa.




Panitia Peringatan Hari Besar Islam sudah mulai mengambil tindakan di tiap desa masing- masing, dan tentunya mensosialisasikan tempat pelaksanaan yang biasa dilaksanankan di lapangan berpindah di masjid.

1Dengan kesepakatan bahwa sholat idul fitri dilaksanakan di masjid-masjid maka otomatis pengurus masjidpun harus mempersiapkan sedemikian rupa sesuai anjuran pemerintah yaitu sesuai protokol kesehatan.

100 Masjid di kecamatan Kerjo yang melaksanakan sholat idul fitri harus memenuhi protokol kesehatan  yang ditentukan pemerintah untuk pencegahan virus covid-19, adapun syarat yang harus dipenuhi yaitu
1.  Adanya Thermogun/ alat pengukir suhu tubuh
2. Adanya tempat cuci tangan (di air yang mengalir)
3. Penyemprotan sebelum/sesudah solat idul fitri
4. Adanya handsanitizer
5. Jamaah membawa sajadah sendiri-sendiri
6. Jamaah wajib mengenakan masker
7. Mengatur jarak antar Jamaah

Selain itu dalam khutbahpun disarankan tidak terlalu lama dan selesai sholat tidak bersalaman atau jamaah langsung pulang ke rumah masing-masing.

Seakan berlomba untuk memenuhi persyaratan kelayakan melaksanakan sholat idulfitri, semua komponen pengurus masjid dan lingkungan sekitar bergotong royong dan mempersiapkan pelaksanaan sholat idul fitri nanti dengan standar yang sudah ditentukan.

"Nanti disetiap RT akan melaksanakan sendiri-sendiri dan tentunya masyarakat yang berasal dari luar lingkungan RT tidak diperbolehkan mengikuti sholat idul fitri di Sini", tukas salah satu tokoh masyarakat.
Memang sangat riskan apabila ada penduduk luar daerah mengikuti sholat idulfitri di tempat kita, karena yang kita hadapi saat ini tidak terlihat oleh mata dan kita tidak tahu bagaimana virus itu datang.

Meskipun diadakan di Masjid tentunya tidak mengurangi syarat dan rukun sholat idul fitri, cuma tempatnya saja yang digeser atau dipindah dikarenakan ada pandemida untuk memutus penyebaran virus covid-19. Dan prioritas kekhusukan akan menjadi acuan dalam pelaksanaan sholat idulfitri di setiap pelaksanaanya. grh/aft

Posting Komentar untuk "100 Lebih Masjid Di Kecamatan Kerjo Melaksanakan Sholat Ied 1441 H"